Headlines News :
Home » » Perbedaan Ujian Nasional 2013 dengan Tahun Sebelumnya

Perbedaan Ujian Nasional 2013 dengan Tahun Sebelumnya

Written By Unknown on Jumat, 28 Juni 2013 | 20.00

Saat kita mendengar Ujian Nasional atau UN yang terpikirkan dibenak kita (guru) adalah rasa khawatir terhadap lulus atau tidaknya siswa kita. Ujian Nasional 2013 memiliki perbedaan dengan UN tahun sebelumnya. Apa sajakah yang membedakan UN 2013 dengan UN tahun sebelumya.
Pertama, ada 20 versi soal dalam ujian nasional hal ini bertujuan mengurangi kemungkinan kecurangan antar siswa. Jadi di dalam satu kelas ada 20 soal yang berbeda, yang berarti bahwa 1 siswa masing-masing mendapatkan jenis soal yang berbeda dengan yang lainya. Berbeda dengan tahun kemarin, dimana hananya ada 5 jenis soal yang ada di dalam ruang ujian.
Kedua, UN SMA/SMK dan paket C dilaksanakan serentak, bila sebelumya waktu pelaksanaan ujian untuk SMA/SMK dilaksanakan terlebih dahulu disbanding paket C. Kali ini ujian tersebut dilaksanakan serentak di Indonesia pada Senin 15 April 2013 walaupun sampai sekarang masih ada kota yang melum melakukan UN karena keterlambatan soal dari pemerintah.
Ketiga, pelaksanaan Ujian Nasional 2013 dimulai pukul 7.30 secara serentak di Indonesia, 30 menit lebih awal dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Lembar jawaban UN 2013 dibuat satu paket dengan soal, bahkan barcode yang ada di sisi kanan atas, jadi siswa tidak perlu menuliskan kode soal seperti tahun-tahun sebelumya karena kode sudah tertera di sisi kanan atas. Hal ini bertujuan agar siswa tidak bertukar soal dengan teman lainya.
Keempat, untuk standar kelulusan UN 2013 tetap 5,5. Siswa akan dinyatakan lulus UN jika rata-rata dari semua nilai akhir paling rendah 5,5 dan nilai minimal per mata pelajaran adalah 4,0.
Kelima, meskipun tidak mengalami kenaikan atas nilai akhir UN, siswa tidak boleh mengangap remeh UN 2013 sebab di tahun ini kelulusan siswa akan menjadi syarat wajib untuk mengikuti SNMPTN tahun 2013.
Demikian informai yang bisa saya bagikan, kalaupun ada kesalahan dalam menuliskan ataupun ada informasi yang kurang sesuai saya minta maaf. Sebenarnya artikel ini saya tulis tanggal 18 April 2013 untuk dimasukan ke genusantara.net untuk mengelola halaman tersebut karena di geschool.net saya bekerja dan mendapat amanah untuk membuat nafas untuk genusantara.net. Hari ini sabtu, 29 Juni saya akan memindahkan sebagian hasil tulisan saya di blog ini.



Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. . - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger